Rabu, 17 Mei 2017

Coba 3 Jalur Beasiswa Studi ke Korea Selatan - InformasiBeasiswa.net


Coba 3 Jalur Beasiswa Studi ke Korea Selatan 
Hallo Sobat Informasi Beasiswa,,, Apa di antara kalian masih ada yang haus akan ilmu? Atau mungkin ada yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan berkuliah ke Korea Selatan? Kalau ada, kalian harus tahu dulu semua tentang keadaan di Korea Selatan, khususnya mulai dari pendidikan dan perguruan tinggi disana. Nah, cara untuk mengetahui itu semua tidak sesulit yang kalian bayangkan kok, kalian hanya butuh bertanya dan mencari tahu via internet. Simple bukan? Atau jika kalian punya sahabat yang sudah lebih dulu berkuliah disana, kalian bisa tanyakan langsung ke sahabatmu itu. Perlu kalian ketahui juga, bahwa banyak dari pelajar Indonesia yang berada di Korsel, tidak sedikit pula kisah inspiratif berdatangan langsung dari para pelajar Indonesia yang sudah terlebih dahulu merasakan nikmatnya kuliah di Korsel, ya, baik itu melalui biaya sendiri ataupun dengan beasiswa.

Bicara soal beasiswa, sering kita dihadapkan dengan proses seleksi yang semuanya rata-rata sama, tidak lain adalah dengan diawali; seleksi administrasi semisal dokumen-dokumen ijazah, transkrip, dan lain-lain. Namun perlu diingat juga bahwa yang paling penting menurut penulis di sini adalah pastinya bila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri kita harus mempunyai satu kemampuan bahasa asing yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa.

Nah, selain itu juga ada persyaratan-persyaratan lainnya yang meminta pelamar/pembidik beasiswa untuk membuat sebuah esai atau seperti juga motivation letter. Perlu kalian ketahui, dalam membuat sebuah esai kita pun harus mencoba menyusunnya dengan bahasa yang baik serta maksud dan tujuan yang disampain mudah dipahami dan menggugah sehingga peluang untuk mendapatkan beasiswa bisa diterima oleh universitas atau para pemberi beasiswa. Nah, dua hal itulah yang menurut penulis sangat penting untuk dipersiapkan dari sekarang untuk anda sekalian para pemburu beasiswa, bila ingin mendaftar ke universitas terkait dan juga untuk mendapatkan sebuah beasiswa.

Bagaimana, apakah kalian berkeinginan untuk studi di korea selatan dengan beasiswa? Nah, berikut dibawah ini ada 3 program beasiswa yang sekiranya bisa kalian manfaatkan untuk dapat menempuh studi di Korea Selatan. Program-program beasiswa ini sengaja disediakan langsung oleh pihak-pihak dari Korea Selatan. Penasaran beasiswa apa sajakah itu? Yuk simak ulasannya berikut ini;


1. Beasiswa di UNIST Korea untuk MS dan PhD

Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST) melalui School of Urban and Environmental Engineering menyediakan program beasiswa internasional untuk MS dan PhD. Beasiswa ini mempunyai durasi studi 2 tahun untuk MS, 4 tahun untuk PhD, dan 6 tahun untuk keduanya sekaligus. Tanggungan biaya kuliah penuh, biaya hidup, dan pendanaan konferensi tahunan sepenuhnya dicakup oleh beasiswa ini.

Untuk mengambil beasiswa ini, harus sesuai dengan program atau bidang-bidang yang meliputi structural reliability, risk-based structure management, system reliability, dan probabilistic risk assessment yang semua itu masuk dalam program Teknik Struktur.

Persyaratan Beasiswa UNIST:
§  Para kandidat harus memiliki kemampuan menggunakan bahasa Inggris dengan skor TOEFL IBT 80, TOEFL PBT 550, TOEIC 800, IELTS 550, atau juga sertifikas jenis lain yang setara dengan skor-skor tersebut
§  Kandidat sudah lulus sarjana teknik sipil atau bidang terkait untuk pendaftaran program MS
§  Lulus MS teknik sipil atau yang terkait untuk pendaftaran program PhD
Dokumen-Dokumen Pendaftaran Beasiswa UNIST:
§  Mengisi formulir pendaftaran yang sudah diisi data lengkap
§  Melampirkan salinan ijazah dan transkrip
§  Membuat personal statement dan rencana studi
§  Melampirkan salinan tes bahasa Inggris
§  Dokumen tambahan terkait kualifikasi pemohon atau pengalaman riset jika memang ada
Prosedur Pendaftaran:

Semua dokumen harus dalam bahasa Inggris atau Korea yang harus disahkan oleh notaris jika diterjemahkan. Proses awal untuk mendaftarkan diri menjadi penerima beasiswa ini adalah dengan mambuat akun online dan melengkapi data diri di formulir yang ada guna mendaftarkan diri ke sekolah pascasarjana UNIST. Formulir yang sudah diisi kemudian dicetak dan dilengkapi dengan dokumen-dokumen pendaftaran yang sudah disebutkan tadi untuk dikirimkan via POS ke Graduate Studies Team dengan alamat UNIST-gil 50 (100 Banyeon-ri), Eonyang-eup, Ulju-gun, Ulsan Metropolitan City, republic of Korea, 689-798. 

Paling lambat pada bulan Juni di setiap periode pendaftarannya dokumen-dokumen tersebut harus sudah sampai di Korea. Kemudian pada bulan Juli akan diberitakan pengumuman lolos seleksi administratif dokumen, proses wawancara, dan pengumuman lolos seleksi akhir. Untuk informasi lebih lanjut, silhakan berselancar dilaman UNIST atau langsung di admisinya.

2. Beasiswa Seni di Korea National University of Arts (K’ARTS)

Beasiswa yang satu ini bisa dibilang eksklusif karena hanya ditawarkan ke beberapa negara saja di Asia. Salah satunya tentu adalah Inndonesia. Program ini yang populer dengan nama K’ARTS menyediakan dukungan untuk program S1 dan juga S2 dalam hal pembiayaan penuh. Program-program yang tersedia meliputi animasi, musik vokal, musik instrumen, studi teater, acting, pembuatan film, multimedia, broadcasting, dance, desain, koregrafi, seni rupa, arsitektur, dan masih banyak lagi bidang-bidang yang memang berkaitan dengan seni.

Beasiswa ini dikelola melalui program Art Major Asian (AMA) guna mencari mahasiswa-mahasiswa dari Asia yang memang berbakat di bidang seni untuk dikembangkan lebih lanjut lagi. Beban pembiayaan yang ditanggung oleh beasiswa ini meliputi tiket pp ke dan dari Korea Selatan, tunjangan bulanan 700.000 won, biaya kursus bahasa Korea, biaya kuliah penuh, asuransi kesehatan, serta biaya tempat tinggal yang akan dikurangi dari tunjangan bulanan.

Persyaratan Beasiswa K’ARTS:
§  Para kandidat/ pelamar adalah merupakan warga negara dari negara-negara yang ditawarkan beasiswa K’ARTS
§  Para pemohon telah lulus atau dijadwalkan untuk lulus SMA/sederajat pada bulan Februari (di setiap periode pendaftarannya)
- Pemohon untuk program master harus sudah mempunyai gelar sarjana atau diploma yang setara dengan sarjana.
- Pemohon yang dijadwalkan untuk lulus pada bulan Februari (di setiap periode pendaftarannya) harus mengirimkan surat/ sertifikat lulus sementara dan kemudian menyerahkan salinan ijazah resminya pada bulan Maret (di setiap periode pendaftarannya)
§  Kandidat harus memiliki kesehatan yang memadai baik jasmani maupun rohani
§  Pelamar tidak memiliki keterbatasan dalam hal bepergian keluar negeri
§  Pemohon memiliki bakat dalam bidang seni yang luar biasa, keterampilan bawaan, dan catatan akademik yang juga sangat baik
§  Pemohon direkomendasikan oleh pemerintah, kementrian, dan Kedutaan Besar Korea Selatan di masing-masing negara asalnya
§  Pemohon direkomendasikan oleh rektor universitas atau kepala pemerintahan yang disetujui oleh organisasi, perusahaan, atau institusi seni yang terkait
Dokumen-Dokumen Pendaftaran Beasiswa K’ARTS:

a. Melakukan pendaftaran/permohonan (form 1)
b. Pengenalan diri pribadi (form 2)
c. Rencana studi (form 3)
d. Penilaian kesehatan (form 4)
e. Melampirkan 3 surat rekomendasi (form 5)
f. Melampirkan Salinan ijazah atau serifikat lulus sementara
g. Salinan transkrip nilai resmi
h. Kemampuan menggunakan bahasa Korea atau bahasa Inggris (TOPIK/TOEFL/IELTS)
i. Salinan Paspor
j. Sertifikat pengalaman kerja yang relevan, penghargaan, dan/atau prestasi lainnya
k. Portofolio

Prosedur Pendaftaran:

Semua dokumen yang bukan dalam bahasa Inggris atau bahasa Korea wajib diterjemahkan kedalam bahasa tersebut dengan pengesahan notaris. Serifikat kelulusan harus disertai sertifikat apostille atau mengikuti proses legalisasi yang ada di konsulat. Setelah semua dokumen tersebut disiapkan dalam ukuran kertas A4 dan diurutkan sesuai nomer urutan form. Setelah dipastikan semua lengkap lalu dikirimkan ke AMA Manager dengan alamat M505, Offoce of External Affairs 146-37, 32gil, Hwarang-ro, Seongbuk-gu, Seoul, postal code: 136-716, Republic of Korea.

Batas akhir penerimaan dokumen ini adalah pada bulan Juli di setiap perode pendaftarannya dengan pengumuman akan diberikan pada bulan Oktober lalu kursus bahasa Korea akan dimulai pada bulan November bagi yang lolos seleksi. Untuk informasi lebih lanjut, silhakan berselancar dilaman 

 3. Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Program ini merupakan program beasiswa resmi yang disediakan oleh pemerintah Korea Selatan untuk pelajar internasional. Jenjang yang disediakan adalah untuk S1 jadi lulusan SMA/sederajat bisa mencoba mendaftarkan diri untuk program beasiswa ini. Lama waktu pendidikannya adalah 4 tahun dengan ada juga tambahan kursus bahasa Korea selama 1 tahun sebelum berangkat untuk studi di Korea Selatan.

Ada banyak biaya yang ditanggung oleh program beasiswa KGSP ini yangmeliputi biayakuliah penuh bahkan hingga 5 tahun, tunjangan hidup bulanan 800.000 won, tunjangan kedatangan 200.000 won, tunjangan pemulangan 100.000 won, biaya kursus bahasa Korea, tiket pesawat berangkat ke Korea dan pulang ke negara asal, dan juga biaya asuransi kesehatan. Selain itu ada lagi tunjangan sebesar 100.000 won jika mampu meraih level 5 dalam TOPIK (Test of Proficiency in Korean) setelah terdaftar menjadi mahasiswa di Korea Selatan.

Dalam satu periodenya disediakan 840 beasiswa untuk total 156 negara termasuk Indonesia. Dari jumlah tersebut, 20 diantaranya adalah beasiswa riset sedangkan sisanya adalah untuk kuliah. Pengelola beasiswa ini adalah lembaga korea yang bernama NIIED (National Institue for International Education) dengan total 66 universitas di Korea Selatan yang berpartisipasi dalam memberikan beasiswa ini bagi para pelajar internasional. Sangat menarik bukan?

Persyaratan Beasiswa KGSP:
§  Para pelamar/ kandidat merupakan warna negara dari negara-negara yang ditawarkan program beasiswa KGSP
§  Para Kandidat  harus berusia dibawah 25 tahun pada bulan Maret (di tahun atau periode pendaftarannya)
§  Pelamar harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani
§  Para pelamar sudah harus lulus SMA/sederajat pada bulan Maret (di tahun atau periode pendaftarannya)
§  Para kandidat harus memiliki nilai rata-rata komulatif di atas 80% dari 100% atau berada dalam peringkat 20% dari 100% selama di SMA/sederajat
§  Peserta belum pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Korea Selatan
§  Pemohon belum pernah terdaftar dalam program studi manapun di Korea Selatan
§  Tidak memiliki hambatan dan keterbatasan dalam bepergian ke luar negeri
§  Ada kemungkinan seleksi khusus bagi pemohon yang fasih dalam menggunakan bahasa Korea maupun bahasa Inggris
Dokumen-Dokumen Pendaftaran Beasiswa KGSP:

a. Pelamar mengisi formulir permohonan (form 1)
b. Janji NIIED (form 2)
c. Para pelamar membuat personal statement (form 3)
d. Rencana studi (form 4)
e. Dua surat rekomendasi yang bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing (form 5)
f. Penilaian kesehatan pribadi (form 6)
g. Salinan ijazah SMA/sederajat
h. Salinan transkrip nilai
i. Bukti kewarganegaraan pemohon dan orang tua (bisa berupa akte kelahiran, kartu keluarga, paspor orang tua)
j. Salinan sertifikat kemampuan dalam menggunakan bahasa Korea atau bahasa Inggris
k. Hasil pemeriksaan kesehatan oleh dokter untuk yang sudah lolos seleksi tahap kedua (form 7)
l. Salinan paspor pemohon untuk yang sudah lolos seleksi tahap kedua

Prosedur Pendaftaran:

Dokumen-dokumen yang sudah disebutkan diatas wajib disiapkan kemudian dikirimkan via POS ke alamat Kedutaan Besar Korea di Jalan Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950. Untuk tahap awal seleksi hanya dokumen pada poin a sampai j saja yang harus dikirimkan. Dokumen dibuat rangkap 4 (1 salinan asli, 3 fotokopi) dengan yang fotokopi dimasukkan dalam amplop tersendiri. Surat rekomendasi juga dimasukkan dalam amplop terpisah oleh pembuat rekomendasi tersebut. Dokumen-dokumen harus diterjemahkan dalam bahasa Korea atau bahasa Inggris dan disahkan oleh notaris dengan format ukuran kertas A4. 

Dalam mengirimkan berkas melalui POS, harus dituliskan KGSP pada amplop. Batas waktu penerimaan berkas via POS biasanya pada awal bulan Oktober setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut, silhakan berselancar dilaman KGSP.

Nah, itulah beberapa program beasiswa yang bisa kalian coba untuk bisa mengenyam pendidikan di Korea Selatan. Tertarik untuk membidiknya? Ingat! Kuncinya adalah fokus. Fokus berarti mengumpulkan yang tercecer, merangkai yang terbengkalai, menyatuvisikan yang tercerai-berai, mengumpulkan yang terpisah, menggerakan yang diam, memunculkan yang terpendam, dan mengarahkan pada kemenangan. Selamat mencoba dan semoga beruntung!


0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us :