Senin, 22 Mei 2017

Inilah 6 Poin Penting dalam membuat Motivation Letter agar dilirik Sponsor - InformasiBeasiswa.net


Hallo Sobat Informasi Beasiswa.... Langkah untuk mencapai suatu tujuan adalah dengan dimulai melakukan planning yang jelas. Begitupun dengan halnya beasiswa, tentu kita sebagai pemburu harus mempunyai amunisi yang cukup. Jika belum tahu apa saja yang harus dilakukan, coba gali informasi sebanyak mungkin. Nah, jika kita sudah tahu, jangan lupa terus gali sesuatu dari berbagai sumber, terutama dari mereka yang sudah dulu mendapatkannya (beasiswa).

Membidik beasiswa, tentu saja butuh planning yang jelas. Karena pada dasarnya, untuk meraih beasiswa tersebut kita butuh ekstra juang diatas rata-rata. Banyak tahapan-tahapan tes yang harus dilalui, dan belum lagi dengan banyaknya pesaing diluar sana. Jadi, ada baiknya mempersiapkan amunisi dari sekarang.

Buatlah planning terlebih dahulu, lalu action!

Nah, bicara soal tahapan beasiswa, apa saja yang harus di persiapkan? Sebenarnya banyak sekali yang memang harus disiapkan. Namun disini kami mencoba fokus untuk membahas seputar "motivation letter". 

Apa itu motivation letter? Motivation letter atau sering juga disebut statement letter merupakan salah satu bagian/ syarat yang umum untuk mencoba melamar beasiswa, terkhusus jika kalian ingin kuliah ke luar negeri.

Bicara motivation letter, ada beberapa poin penting dalam pembuatan motivation letter seperti yang dikutip dari buku Jurus Kuliah ke Luar Negeri. Buku ini terbukti ampuh dan sudah banyak meloloskan mereka-mereka yang berkeinginan kuliah ke luar negeri. Ada baiknya anda juga memiliki buku ini. Nah, langsung saja inilah 6 poin penting dalam pembuatan motivation letter:
§  Latar belakang 
§  Gunakan tata bahasa yang baik 
§  Harus unik dan berbobot 
§  Satu motivation letter (untuk satu perguruan tinggi) 
§  Apakah IPK kamu kecil? jika iya, usahakan memberi penjelasan (alasan-alasan berbobot) 
§  Nah, ini yang penting: Tujuan memilih program terkait.
Bagaimana sobat Seputar beasiswa, apakah sedikit coretan ini sudah bisa membuat bayangan untuk dapat membuat motivation letter anda dilirik sponsor nantinya?  Ya, mudah-mudahan saja bisa sedikit memberi gambaran. Jika masih bingung, bisa cari ilmunya di buku Jurus Kuliah ke Luar Negeri.

"Kita kalah oleh masalah bukan karena tidak punya kemampuan untuk bertahan, namun karena tidak memiliki daya kelola terhadap kemampuan itu sendiri"


Tuliskan kembali satu tujuan yang telah dipilih, sebagai tujuan yang sangat berarti dan benar-benar ingin dicapai dalam waktu dekat. Ingat, kemampuan kita terbatas, tetapi berprestasi ditengah keterbatasan adalah sebuah kepahlawanan dalam bentuk lain. Zero to Hero.

0 komentar:

Posting Komentar

Follow Us :